Home » , , » Inilah 8 manfaat nasi merah untuk diet

Inilah 8 manfaat nasi merah untuk diet

Written By Ahmad Wibawa on November 23, 2012 | 05:07




Inilah 8 manfaat nasi merah untuk diet

Manfaat nasi merah untuk diet - Manfaat nasi merah untuk diet memang tidak diragukan lagi. Namun, mayoritas konsumen lebih memilih nasi putih ketimbang nasi merah. Mengapa demikian? Penampilan mungkin menjadi alasan mengapa hal itu terjadi. Nasi putih telah terlihat jauh lebih baik baik dalam hal penyajian, namun apakah manfaatnya juga jauh lebih baik dibandingkan nasi merah? Tentu saja tidak.


Apa perbedaan nasi merah dengan nasi putih?


Nasi merah berasal dari tanaman yang sama dengan nasi putih. Hanya saja, ada perbedaan mengenai proses penghilangan lapisan kulit luar. Jika bulir padi hanya lapisan terluarnya saja yang dihilangkan, maka akan muncul beras merah atau nasi merah. Lebih jauh lagi, jika beras merah yang telah tampak tersebut diproses kembali dengan menghilangkan lapisan kulit dan lapisan aleuronnya, maka Anda akan menemukan beras putih yang sehari-hari sangat mudah kita temui.

Manfaat nasi merah untuk diet


Tinggi serat

Ini mungkin dapat dikatakan sebagai manfaat terbesar nasi merah untuk diet. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, maka Anda akan mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Manfaat ini membuat nasi merah sangat cocok dikonsumsi ketika sarapan, karena bisa mencegah Anda kelaparan hingga siang hari, dan tentunya makan siang Anda tidak akan selahap biasanya.

Manfaat kesehatan yang lebih fantastis lagi masih ada di dalam serat yang terkandung di nasi merah. Seratnya telah dikaitakan dengan potensi penurunan kanker usus besar. Serat alami yang ada di dalam nasi merah menempel pada zat yang menyebabkan kanker usus besar pada tubuh, sehingga menghilangkan zat tersebut secara permanen.

Menstabilkan kadar gula darah

Ini adalah pilihan yang sangat baik bagi diet Anda dan bagi para penderita diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi satu setengah cangkir nasi merah setiap hari, maka risiko diabetes akan berkurang hingga 60%. Di sisi lain, orang yang mengkonsumsi nasi putih setiap hari, memiliki risiko terkena diabetes hingga 100 kali lipat.

Kandungan manggannya yang tinggi

Satu cangkir beras merah setiap hari menyediakan 80% dari kebutuhan mangan harian Anda. Mangan membantu mensistesis lemak tubuh, menjaga sistem syaraf dan sistem reproduksi.

Minyak alami

Minyak alami yang ada di dalam beras merah mengandung lemak sehat yang bisa menjaga asupan lemak Anda selama diet dan membantu menormalkan kolesterol dalam tubuh. Anda juga disarankan untuk terus selalu menggunakan minyak yang rendah lemak jenuh untuk menghindari kolesterol tinggi dan penumpukan lemak pada perut serta seluruh tubuh.

Mempunyai kesamaan dengan gandum

Nasi merah banyak dianggap sebagai gandum karena keutuhan manfaatnya yang belum hilang. Butir-butir nasi merah terbukti mampu mengurangi penumpukan plak arteri dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung serta kolesterol tinggi.

Kaya akan antioksidan

Ini adalah salah satu rahasia yang tersimpan di dalam nasi merah. Mungkin Anda banyak menemukan kaitan antioksidan dengan blueberry, stroberry, serta buah dan sayuran lainnya. Namun ternyata, kapasitas antiokasidan yang terdapat dalam beras merah, setara dengan antiokasidan yang ada dalam buah-buahan super tersebut.

Kaya akan selenium

Selenium adalah zat yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung, dan kanker.

Nasi merah ternyata mengandung banyak manfaat yang tentunya tak hanya berguna ketika kita diet. Jadi segerakan diri Anda untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah. Manfaat nasi merah untuk diet dan keseluruhan hari Anda tak dapat diragukan lagi bukan?

Baca Artikel Lainnya:

Share artikel ini :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. ArtikelDiet.com | Tips Diet dan Tips Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger